Pengertian dan Manfaat Sungai


Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Baca juga:

Pengertian dan Fungsi Hutan Bakau
Pengertian dan Fungsi Danau

 
Ada juga sungai yang terletak di bawah tanah, disebut sebagai "underground river".

Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama.


Aliran air biasanya berbatasan dengan saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Pengujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.

Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju.


Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Sungai merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari – hari. 

Sungai tidak hanya terdapat pada daerah pedesaan dan pegunungan, namun juga pada daerah perkotaan. Sungai juga sering dikenal dengan nama ‘kali’ dan terkadang ada beberapa orang yang mungkin salah kaprah mengenai sungai dan selokan. 

Pada dasarnya, asalkan dapat megalirkan air, maka itu sudah bisa disebut dengan sungai. 

Sungai sendiri dapat terbentuk secara alami, yaitu melalui proses yang dilakukan oleh alam, dan juga dapat terbentuk karena proses campur tangan manusia, atau sekarang kita kenal dengan nama sungai (kali) sodetan.

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia memang sangat penting dan sangat vital, seluruh makhluk hidup yang ada di bumi juga membutuhkan sungai. 


Apa saja manfaat sungai bagi manusia?

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:
 

1. Penampung Air

Manfaat pertama dari sungai adalah sungai dapat menampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan. 


Air hujan yang turun biasanya akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat. Tempat tersebut yang menjadi penampungan dari air hujan adalah sungai dan juga danau.
 

2. Mengalirkan Air ke Hilir

Air memiliki sifat bergerak dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Dengan berdasarkan sifat air inilah, sungai dapat mengalirkan air dari hulu atau sumber air menuju ke hilir, alias tempat dimana sungai itu bermuara.


Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan air pada hulu, yang dapat berakibat meluapnya air sungai.
 

3. Pembangkit Listrik

Sungai dapat menjadi salah satu energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik (PLTA). 


Derasnya aliran sungai dimanfaatkan untuk memutar kincir air, sehingga kincir air ini akan menyebabkan aktifnya generator pada pembangkit listrik, dan kemudian akan menghasilkan listrik yang dapat disuplai untuk kebutuhan sehari – hari.
4. Pusat dari Ekosistem

Ekosistem merupakan suatu kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup dan segala pendukungnya. Secara umum ada beberapa ekosistem yang ada, seperti ekosistem laut, daratan, gurun dan juga sungai.

Daru segi biologis, sungai dapat menjadi rumah bagi segala makhluk hidup yang tinggal dalam ekosistemnya. Jenis ikan – ikan dan tanaman air merupakan salah satu contoh manfaat sungai sebagai pusat dari ekosistem yang ada.
 

5. Mencari Nafkah

Sungai juga sering dimanfaatkan sebagai sumber nafkah dari berbagai kalangan masyarakat. Dengan kandungan dan keanekaragaman hayati yang banyak, sungai dapat menjadi sumber rezeki.


Contohnya nelayan, yang memanfaatkan sungai sebagai tambak dan juga lokasi untuk memanen ikan untuk kemudian dijual lagi.
6. Sumber Bahan Konsumsi

Selain sebagai salah satu sumber mata pencaharian, beberapa keanekaragaman hayati yang ada di sungai dapat menjadi bahan konsumsi, baik bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. 


Biasanya bahan konsumsi yang paling umum ditemukan pada sungai ialah jenis ikan – ikan air tawar yang sangat bergizi tinggi bagi kesehatan kita.
 

7. Tempat Rekreasi

Sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Banyak sekali jenis hiburan yang bisa anda dapatkan ketika anda berada di sungai. 
 

8. Lokasi Relaksasi

Beberapa orang memanfatkan sungai sebagai lokasi yang tepat untuk mencari ketenangan dan mendapatkan pencerahan. Hal ini disebabkan oleh suara air sungai dan juga suara aliran sungai yang dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh anda. suara aliran sungai ini juga memiliki manfaat untuk menghilangkan stress dan depresi.

9. Kebutuhan Sehari-hari

Sungai juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari. Selain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu sungai dapat menjadi sumber mata pencaharian dan sumber bahan konsumsi, manfaat lain dari sungai terdapat pada pemenuhan kebutuhan sehari – hari, seperti :

  • Mandi
  • Mencuci dan membersihkan
  • Untuk keperluan MCK
  • Diambil airnya untuk keperluan air minum dan keperluan rumah tangga sehari – hari
Namun demikian, manfaat sungai sebagaimana disebutkan diatas sudah agak ditinggalkan karena modernisasi. Meskipun demikian, bagi anda yang memiliki rumah di pinggir sungai – sungai besar, hal ini masih sering menjadi kebiasaan. 

10. Mencegah Banjir

Sungai merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat mengatur munculnya penyebab banjir atau air bah. Apabila sungai memiliki kedalaman tertentu yang baik dan terawat, maka kondisi ini dapat mengurangi resiko banjir pada suatu daerah.


Sudah banyak sekali kasus banjir yang terjadi sebagai akibat dari meluapnya sungai. Maka dari itu kondisi sungai yang baik dan terawatt dapat membantu mencegah banjir.

Itulah beberapa manfaat sungai bagi kita dan lingkungan sekitar. Marilah kita melestarikan keberadaan sungai yang ada di sekitar kita agar menjadi lebih bermanfaat bagi kehidupan kita. 


  • Mari kita tumbuhkan sikap sadar untuk menjaga Bumi yang indah ini agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di mulai dari diri kita sendiri untuk menjaga lingkungan di sekitar kita.

Demikian postingan mengenai Pengertian dan Manfaat Sungai
 
Bila anda mempunyai masukan atau tambahan silahkan berkomentar di bawah.

Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Sungai"

Post a Comment