Pengertian dan Fungsi Danau


Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.


Baca juga:

Pengertian dan Fungsi Hutan Bakau
Pengertian dan Manfaat Sungai

 

Danau juga dapat di artikan sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.
 
Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.


Terbentuknya sebuah danau bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena adanya gletser yang mencair, adanya sumber mata air, dan juga karena adanya aliran sungai. 

Di Indonesia sendiri terdapat ribuan danau, dimana sekitar 840 adalah danau-danau yang besar dan 735 lainnya merupakan danau kecil.

Salah satu danau terbesar dan sangat terkenal dari negara kita ini adalah Danau Toba di Sumatra Utara. Dimana danau tersebut memiliki luas permukaan sekitar 1.130 km2 dan volume airnya mencapai 240 km3.

Karena memiliki daya tampung air yang cukup besar, maka keberadaan danau pun memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan di sekitarnya.


Adapun manfaat atau fungsi danau antara lain adalah:
 

1. Untuk persediaan air bersih

Meskipun terjadi kemarau yang panjang, akan tetapi persediaan air di danau seakan tak pernah ada habisnya. Hal ini dikarenakan daya tampungnya yang cukup besar.


Selain itu, kebanyakan dari danau memiliki kandungan air tawar. Maka seringkali danau dimanfaatkan oleh makhluk hidup disekitarnya sebagai salah satu sumber mata air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti untuk minum, mandi, mencuci, dan keperluan lainnya.
 

2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Hampir 20% dari listrik dunia menggunakan listrik tenaga hydro. Keunggulan dari Pembangkit listrik ini adalah ia memiliki respon yang sangat cepat, yaitu dengan mengubah energi air menjadi energi mekanik yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik.


Cara kerja pembangkit listrik ini adalah dengan menghubungkan generator ke turbin dan akan digerakkan oleh tenaga kinetik air. Energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air tersebut dinamakan hidroelektrik.

3. Sarana Irigasi

Masyarakat sekitar danau terutama mereka yang memiliki lahan pertanian maupn perkebunan, dapat juga memanfaatkan air danau sebagai sarana irigasi guna memenuhi kebutuhan air lahan-lahan pertanian maupun perkebunan mereka, terutama pada saat musim kemarau telah tiba.


Hal ini akan membantu agar lahan-lahan pertanian dan perkebunan bisa tetap menghasilkan panen meskipun kemarau, yang nantinya akan membantu menjaga kesejahteraan masyarakat sekitar.
 

4. Budidaya perikanan darat

Guna menunjang kehidupan ekonomi masyarakat, masyarakat daerah sekitar danau bersama pemerintah setempat bisa memanfaatkan danau sebagai lahan pembudidayaan perikanan darat, yaitu dengan menggunakan sitem jala terapung.



5. Tempat Rekreasi dan Sarana Olahraga

Dari sudut pandang keindahannya, danau merupakan suatu kawasan yang memiliki panorama yang sangat indah, sehingga hal tersebut mampu menarik minat wisatawan baik asing maupun domestik untuk mengunjunginya.


Dengan adanya kunjungan para wisatawan tersebut akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan penduduk di sekitar danau.

6. Mengendalikan Bencana Alam

Iklim di Indonesia yang sangat beragam membuat sering terjadi berbagai kondisi alam dan cuaca.


Dimusim kemarau, danau dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bagi kehidupan sekitarnya.

Sementara di musim hujan, danau juga sangat membantu dalam mengendalikan bencana alam seperti banjir dan erosi, yaitu dengan menampung kelebihan air hujan.
 


7. Habitat 

Keberadaan danau telah terbukti dapat memberikan cukup banyak kontribusi terhadap kesejahteraan kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.


Danau juga terkenal sangat kaya akan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Hal inilah yang menjadikan danau sebagai tempat hidup yang baik bagi beberapa jenis tumbuhan dan satwa.


8. Sarana penelitian dan pendidikan
Danau juga dapat berfungsi sebagai sarana diadakannya suatu penelitian maupun pendidikan. Banyak para peneliti yang telah melakukan study guna mempelajari berbagai hal di danau seperti ekosistem di dalamnya maupun kepentingan study lainnya.
 


9. Sarana transportasi

Beberapa kawasan memiliki letak yang terpisah dari kawasan lainnya oleh keberadaan danau, hal ini menjadikan danau sebagai alternative sarana transportasi.
 


10. Penghasil Barang Tambang

Beberapa danau yang ada di Indonesia seperti danau matana dan towuti di Sulawesi Selatan memiliki kandungan mineral logam seperti nikel. Hal tersebut bisa berguna sebagai sumber pendapatan negara serta membuka lapangan kerja baru bagi penduduk sekitar.

Kita tahu bahwa danau bertindak sebagai salah satu kekayaan alam yang telah banyak memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup disekitarnya.


Namun, yang perlu diingat adalah bahwa tak selamanya danau dapat melakukan hal tersebut.

Hal ini terjadi karena adanya penyusutan luas maupun pendangkalan danau. ini terjadi akibat semakin berkurangnya volume air yang tertahan serta proses sedimentasi yang terjadi akibat penggundulan hutan.

Selain itu, pertumbuhan penduduk sekitar juga memberikan pengaruh terhadap penyusutan luasan danau.

Dengan berkurangnya luasan suatu danau, maka akan dapat berakibat pada penurunan fungsi danau tersebut sebagai tempat penampungan air. 


Dengan menurunnya fungsi tersebut akan bisa menyebabkan terjadinya bencana banjir maupun kekeringan di daerah kawasan danau maupun di luar kawasan danau tersebut.

Untuk itu perlu dilakukan kebijakan-kebijakan seperti:
  • Konservasi yang meliputi tindakan perlindungan, pengawetan, serta pemanfaatan untuk memelihara kehidupan dan keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya secara berkelanjutan.
  • Rehabilitasi yang bertujuan untuk memperbaiki dan untuk mengembalikan fungsi danau sebagaimana mestinya.
  • Pemanfaatan yang tepat sehingga akan memberikan manfaat bagi kehidupan di masa sekarang. 
Namun disamping pemanfaatan tersebut juga harus disertai dengan usaha pemeliharaan yang baik agar fungsi dan kegunaan danau masih bisa dinikmati untuk masa yang akan datang.

Adapun usaha-usaha tersebut adalah:
  • Melakukan kegiatan penghijauan di sekitar danau guna mencegah terjadinya erosi serta sedimentasi
  • Menjaga kelestarian hutan dari kegiatan eksploitasi hutan yang akan menyebabkan hutan gundul
  • Menghindari pembuangan sampah maupun limbah ke danau. 

  • Mari kita tumbuhkan sikap sadar untuk menjaga Bumi yang indah ini agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di mulai dari diri kita sendiri untuk menjaga lingkungan di sekitar kita.

Demikian postingan mengenai Pengertian dan Fungsi Danau
 
Bila anda mempunyai masukan atau tambahan silahkan berkomentar di bawah.

Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Danau"

Post a Comment