Pengertian dan Cara Mengatasi Pemanasan Global (2016)


Kali ini saya akan membahas tentang pemanasan global, seperti yang anda tahu, semakin berkembang dan majunya zaman pasti ada dampak negatif dari proses tersebut.

Ya,, karena semakin majunya zaman manusia dituntut oleh kebutuhan-kebutuhan entah itu kebutuhan primer atau sekunder yang secara tidak langsung memaksa mereka untuk melakukan hal-hal yang membuat bumi ini semakin rusak.

Anehnya itu semua mereka lakukan dengan sengaja dan tahu dampak negatif apa yang akan terjadi.

Pengertian

Pemanasan global adalah kenaikan suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh peningkatan keluaran (emisi) gas rumah kaca, seperti; karbondioksida, metana, dinitro oksida, hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, dan sulfur heksafluorida di atmosfer.

Selama 20 abad ini, kenaikan suhu diperkirakan mencapai 0,3-0,8°C. Untuk 100 tahun kedepan, kenaikannya diperkirakan mencapai 4°C.

Kenaikan suhu ini dapat merubah iklim sehingga menyebabkan perubahan pola cuaca yang dapat menimbulkan peningkatan dan perubahan curah hujan, angin dan badai, serta terjadinya bencana alam yang dapat memakan banyak korban jiwa.

Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming, menjadi salah satu isu lingkungan utama yang dihadapi dunia saat ini.

Pemanasan global berhubungan dengan proses meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi.

Peningkatan suhu permukaan bumi ini dihasilkan oleh adanya radiasi sinar matahari menuju ke atmosfer bumi, kemudian sebagian sinar ini berubah menjadi energi panas dalam bentuk sinar infra merah diserap oleh udara dan permukaan bumi.

Sebagian sinar infra merah dipantulkan kembali ke atmosfer dan ditangkap oleh gas-gas rumah kaca yang kemudian menyebabkan suhu bumi meningkat.

Gas-gas rumah kaca terutama berupa karbon dioksida, metana dan nitrogen oksida.

Kontribusi besar yang mengakibatkan akumulasi gas-gas kimia ini di atmosfir adalah aktivitas manusia.


Cara mengatasi pemanasan global

Sebenarnya sulit atau bahkan mustahil mengatasi pemanasan global di era yang modern sekarang ini. 

Bagaimana tidak, hampir semua orang di bumi ini menggunakan barang yang berteknologi, nah teknologi inilah yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Contoh umum seperti kendaraan bermotor, listrik, dan mesin industri.

Memang ada segelintir orang yang dapat memanfaatkan sumber daya alam dan melakukan hal baru yang positif, tapi semua itu tidak dapat mengurangi pemanasan global melainkan hanya memperlambatnya saja.

Oleh karena itu agar menjaga lingkungan dari pemanasan global, sebaiknya mengurangi untuk pemakaian kendaraan bermotor, listrik, dan barang modern lainnya.

Dengan menggunakan alat transportasi yang lebih sehat lagi seperti menggunakan sepeda, atau berjalan kaki, dan membatasi pemakaian listrik agar tidak menambah gas karbondioksida yang akan membuat suhu bumi semakin panas sehingga menyebabkan lebih cepatnya pemanasan global.

Sebagai makhluk hidup kita harus selalu menjaga dan melindungi bumi kita, agar tidak mudah terjadinya pemanasan global.

  • Mari kita tumbuhkan sikap sadar untuk menjaga Bumi yang indah ini agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di mulai dari diri kita sendiri untuk menjaga lingkungan di sekitar kita.

Demikian postingan mengenai Pengertian dan  Cara Mengatasi Pemanasan Global (2016)
 
Bila anda mempunyai masukan atau tambahan silahkan berkomentar di bawah.

Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Cara Mengatasi Pemanasan Global (2016)"

Post a Comment